Senin, 12 Januari 2015

Tugas ISD, Andika Saputra 1TB04 (21314078)
“Perbedaan Sosial Dan Integrasi Masyarakat”

Pertentangan sosial di dalam masyarakat terjadi akibat adanya perbedaan-perbedaan dan tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat seperti peluang hidup, gengsi, hak istimewa dan gaya hidup. Pertentangan social disebabkan oleh 5 faktor, yaitu perbedaan kepentingan; prasangka, diskriminasi dan ethosentris; pertentangan social ketegangan dalam masyarakat; golongan-golongan yang berbeda dan integrasisosial; sertaintegrasi nasional. Kelima factor ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam timbulnya pertentangan social ketegangan dalam masyarakat.

Untuk mengatasi pertentangan social maka dilakukanlah integrasisosial yang berupa penyesuaian unsur-unsur yang berbeda di dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasikan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi. Integrasisosial dapat di artikan adanya kerjasama dari seluruh anggota masyarakat mulai dari individu, keluarga, lembaga masyarakat secara keseluruhan. Dalam skalabesar, dapat dilakukan integrasinasional yang berfungsi untuk menyatukan atau memadukan masyarakat-masyarakat yang banyak jumlah nya menjadi suatu bangsa. Pada akhirnya persatuan dan kesatuan bangsa inilah yang dapat lebih menjamin terwujudnya negara yang makmur, aman dan tentram.
Pengalaman positif yang pernah di alami

Akhir-akhir ini banyak sekali terjadi perkelahian pelajar antar pelajar di sekolah sekitaran Bogor. Dalam aksi perkelahian tersebut banyak sekali menimbulkan kerugian di kalangan pelajar dan terutama di kalangan warga. Seperti bertambah nya korban para remaja yang seharusnya masih dapat menimba ilmu di sekolah nya masing-masing namun terhentikan karena mengalami cedera yang serius pada remaja tersebut. Seiring maraknya aksi Perkelahian tersebut, hamper semua sekolah di seluruh Bogor akhirnya membuat aktifitas tambahan atau biasa di sebut ekstrakulikuler setelah pelajaran selesai agar dapat mencegah aksi Perkelahian di luar sekolah, dengan demikian para siswa pun terhindari dari aksi Perkelahian tersebut dan dapat menambah wawasan tersendiri dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah masing-masing seperti Pramuka, Pmr, dan eskul seperti Pencinta Alam agar dapat mendorong moral kebersamaan antar pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar